Loading...

Penyebab banjir Jakarta



Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo memaparkan beberapa masalah Jakarta dihadapan para undangan dalam acara Symposium Jakarta 21 di hotel Mandarin Oriental, Rabu (15/6/2011). Satu di antaranya adalah mengenai masalah banjir di Jakarta.

Foke, sapaan Fauzi Bowo, berbicara dengan dua bahasa dalam acara itu yakni bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Foke memaparkan hal tersebut kepada Heidrun Tempel (Deputy Chief of Mission of the Federal Republic of Germany), Sabine Markert (GIZ Country Director for Indonesia & Timor Leste), dan Hans Peter Hasslein (CEO PT Siemens Indonesia) di mana menurutnya Jakarta menjadi banjir karena banyaknya air yang turun dari area pegunungan.

"Kami selalu berusaha mengendalikan banjir agar tidak ada lagi banjir hebat seperti tahun-tahun yang lalu. The banjir always come from mountain area, karena itu kita sudah memasang alat yang dapat menyerap banjir dimana catchmennya mampu menyerap banjir sebanyak 30 persen di area Jakarta," ujar Foke.

Lebih lanjut Foke menjelaskan bahwa saat ini dari data yang ada sekitar 13 juta orang datang ke Jakarta untuk bekerja dan beraktivitas setiap harinya. Menurutnya hal ini juga sebagai tantangan untuk memberikan kenyamanan fasilitas bagi orang yang setiap harinya bekerja di Jakarta. Dikatakannya, masalah infrastruktur dan masalah lingkungan menjadi poin yang harus dibenahi karena pertumbuhan kota Jakarta sangat cepat.
"Dari sensus penduduk, ada enam sampai sembilan juta jumlah penduduk di Jakarta. Sedangkan yang beraktivitas setiap harinya di Jakarta mencapai 13 juta orang," imbuhnya.

Leave a Reply

Other News:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...