Loading...

City Kalahkan Liverpool 3 - 0



Manchester City berhasil mengamankan posisi puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris usai menumbangkan tamunya Liverpool 3-0 di Etihad Stadium, Rabu (4/1) dinihari WIB.

Kemenangan ini membuat posisi City aman dari kejaran Manchester United di puncak klasemen sementara untuk satu pekan ke depan. Mereka unggul tiga poin dari klub rival tetangga itu. Posisi mereka sulit dikejar The Red Devils meski sang rival menang atas Newcastle United, Kamis (5/1) dinihari WIB besok.

The Citizens tanpa diperkuat Mario Balotelli dan Samir Nasri, sementara di kubu The Reds, Steven Gerrard dan Craig Bellamy harus duduk di bangku cadangan lebih dahulu.

Pada awal babak pertama, kubu tuan rumah lebih banyak melakukan inisiatif serangan. Mereka nyaris unggul pada menit keenam. Berawal dari kerjasama Micah Ricards dan Sergio Aguero, Edin Dzeko melakukan pergerakan ke dalam kotak penalti dengan melewati pemain belakang Liverpool, namun bola akhirnya mampu dikuasai dengan baik oleh kiper Pepe Reina.



Satu menit berselang, giliran gawang City yang terancam. Jordan Henderson mengirimkan umpan kepada Stewart Downing, namun tendangan sang gelandang masih mampu dimentahkan kiper City Joe Hart.

Usaha City akhirnya berbuah hasil pada menit kesepuluh. Berawal dari bola penguasaan Dirk Kuyt yang terlepas karena penjagaan James Milner, David Silva kemudian mengirimkan umpan kepada Aguero dan striker asal Argentina itu menjebol gawang Reina.

Unggul, semangat City kian meningkat. Pada menit ke-13, tendangan voli Aguero masih bisa diamankan Reina. Delapan menit kemudian, giliran tendangan Dzeko dari luar kotak penalti yang lebih dulu mengenai kaki Glen Johnson.

Liverpool termotivasi untuk mengejar ketertinggalan. Andy Carroll sempat memiliki peluang bagus, namun sundulannya masih menyamping di sisi gawang. Pada menit ke-23, tendangan bebas Charlie Adam masih bisa diblok Hart. Lima menit berselang, giliran tendangan bebas Henderson yang membentur kaki Gael Clichy.

City kembali unggul melalui aksi Yaya Toure. Pada menit ke-33, usai menerima umpan tendangan sudut David Silva, sundulan gelandang asal Pantai Gading itu mengoyak jala Reina.

Jelang pertandingan babak pertama akan berakhir, Carroll memiliki dua peluang. Tendangan di kesempatan pertama masih menyamping di sisi gawang Hart, sementara sundulan sang striker di kesempatan kedua justru membentur badan Vincent Kompany.

Di babak kedua, City lebih banyak bertahan, sementara tim tamu menginisiasi sejumlah serangan untuk mengejak defisit dua gol.

Pada menit ke-56, Gerrard dan Bellamy dimasukkan, sementara Adam dan Kuyt ditarik keluar. Manajer Kenny Dalglish berharap pola serangan timnya bisa menemui hasil.

City harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-73 setelah gelandang Gareth Barry diusir wasit karena mendapatkan kartu kuning kedua alias kartu merah.

Unggul jumlah pemain, Liverpool tetap saja tak mampu menjebol pertahanan pasukan Roberto Mancini yang sangat ketat. City yang justru kembali unggul melalui titik penalti. Pada menit ke-74, Martin Skrtel menjatuhkan Toure di dalam kotak terlarang. James Milner sebagai eksekutor berhasil melesakkan bola ke pojok kanan atas gawang Reina.

Leave a Reply

Other News:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...