Loading...

Honda Ciptakan Robot UNI-CUB





Honda Motor Company menampilkan semacam robot sepeda roda satu bernama UNI-CUB untuk membantu orang bergerak dalam posisi duduk. Dalam peluncuran di Museum Nasional Ilmu Pengetahuan Baru dan Inovasi di Tokyo, Jepang, 15 Mei, Honda memberi keterangan bahwa pengguna alat ini bisa mengontrol kecepatan sampai 6km per jam dan mengemudikan arah alat dengan memindahkan berat badan.

Honda merilis rincian produk personal mobility terbarunya yang diberi nama UNI-CUB yang merupakan evolusi dari sepeda listrik roda tunggal U3-X yang telah dipamerkan secara global sejak Tokyo Motor Show 2009.

UNI-CUB memanfaatkan teknologi kontrol keseimbangan dan roda yang dapat berputar ke segala arah (omni-directional wheel) seperti pendahulunya. Perbedaan signifikan terdapat pada adanya tambahan roda, posisi duduk yang lebih nyaman serta fitur yang memungkinkan penggunannya mengendalikan lewat ponsel maupun tablet.




Seperti U3-X, UNI-CUB memungkinkan penggunanya bergerak ke berbagai arah, mengatur kecepatan dan berhenti lewat pemindahan beban tubuh. Sementara roda tambahan kedua bergerak secara lateral untuk melakukan perputaran.

Alat transportasi penumpang tunggal tersebut juga dibekali kemampuan mendaki, memiliki daya jelajah sejauh 6 kilometer dan dapat bergerak dengan kecepatan maksimal 6 km/jam.

Bentuknya yang kompak dirancang agar alat ini bisa digunakan di antara pejalan kaki lainnya tanpa memakan banyak ruang seperti perangkat lain macam Segway.

Spesifikasi Honda UNI-CUB:

Dimensi (PxLxT): 520 x 345 x 745 mm
Ketinggian tempat duduk: 745 - 825 mm
Tipe baterai: Lithium-ion
Kecepatan maksimal: 6 km/h
Daya jelajah: 6 km

Leave a Reply

Other News:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...